joewein.net   joewein.de LLC
fighting spam and scams on the Internet
Try our spam filter!
Free trial for 30 days
  jwSpamSpy

Home
About Us
Spam
419/Nigeria
Fraud
Contact

"419" Scam – Advance Fee / Fake Lottery Scam

The so-called "419" scam is a type of fraud dominated by criminals from Nigeria and other countries in Africa. Victims of the scam are promised a large amount of money, such as a lottery prize, inheritance, money sitting in some bank account, etc.

Victims never receive this non-existent fortune but are tricked into sending their money to the criminals, who remain anonymous. They hide their real identity and location by using fake names and fake postal addresses as well as communicating via anonymous free email accounts and mobile phones.

Keep in mind that scammers DO NOT use their real names when defrauding people.
The criminals either abuse names of real people or companies or invent names or addresses.
Any real people or companies mentioned below have NO CONNECTION to the scammers!

Read more about such scams here or in our 419 FAQ. Use the Scam-O-Matic to verify suspect emails.

Click here to report a problem with this page.

 

 

Some comments by the Scam-O-Matic about the following email:

Fraud email example:

From: "Mrs. Widya Dewita" <r0r010@aol.com>
Reply-To: widyadewita01@aol.com
Date: Sun, 18 Jul 2010 08:56:41 -0700 (PDT)
Subject: Dengan Hormat

Dengan Hormat

nama saya Mrs. Widya Dewita saya dari indonesia tapi saya sudah menikah dengan mr.edmond wilson yang bekerja sebagai engineer dari england.saya menikah dgn mr.edmon wilson pada tgl 10 october 2002 dan dia bekerja di subsea kontrak,minyak dan gas,petroleum,pengambilan minyak bumi,pemasangan pipa di singapore dari tahun 2002 dan habis kontrak tahun 2005.dan kami kembali ke negaranya di england sebagai suami istri dan mempunyai satu anak perempuan,pada tgl 26 april 2009 suami saya mr.edmon wilson,anak saya dan saya sendiri .kami baru saja kembali dari pantai dan tiba tiba ban mobil kami meledak lalu melanggar tiang jembatan dan stir mobil menghantam dada suami saya,kami segera melarikannya kerumah sakit tapi ditengah jalan suami saya meninggal dunia.alhamdulilla saya dan anak saya selamat.

selepas pemakaman suami saya tgl 10 juli 2009 keluarganya datang mengatakan mau mengambil alih semua harta suami saya,mereka menyatakan bahwa saya tidak sah menikah dengan suami saya mr.edmond wilson,jadi saya terpaksa memberikan rumah beserta isinya dan semua informasi mengenai tabungannya.sejak agustus,kami mengajukan masalah ini ke pengadilan bersama pengacara suami saya yang akan menyelesaikan kes ini.tapi tidak ada kabar yang menggembirakan sejak saat itu.

suami saya mempunyai $8,200,000 us dollar (delapan juta dua ratus ribu dollar )dia depositokan uangnya di perusahaan sekuriti pribadi london.uang itu aman disimpan di perusahaan itu,karna kode dan nama yang dia gunakan adalah rahasia.keluarga suami saya tidak mengetahui mengenai uang tersebut.hanya saya dan pengacara kami yang mengetahui uang itu disimpan suami saya di perusahaan sekuriti pribadi.jadi kalau saya menerima balasan yang baik dari anda, saya akan memberi tau bagaimana langkah awalnya.
saya sudah mengambil langkah matang untuk memberikan rumah beserta isinya kepada keluarga suami saya dan mengambil uang tersebut.dan saya ingin kembali kenegara saya indonesia bersama anak saya untuk memulai kehidupan baru.

saya percaya anda tidak akan mengecewakan saya apabila uang itu berada ditangan anda.
saya mohon anda tolong menyimpan rahasia ini dan jangan memberitahukannya kepada orang lain.

kalau anda berkenan membantu, tolong hubungi saya segera kemudian saya akan memberitahukan apa yang perlu diperbuat.saya tunggu jawaban anda di email ini.

Regards,

Mrs. Widya Dewita




Anti-fraud resources: